Sabtu, 24 November 2012

Tumbuhkan Kecintaan akan Budaya lokal, BEM fakultas Sastra UM Gelar Talkshow Budaya


MALANGISME – Dalam rangka Karnaval Sastra 2012 dengan tema “Harmonisasi Ragam Budaya Nusantara”. BEM Fakultas Sastra UM menggelar Talkshow Budaya dengan Tajuk "Kupas Tuntas Sejarah dan Elegansi Seni Dagelan Menuju Masyarakat Cerdas, Berkarakter, dan Berbudaya" (24/11) kemarin.


Bertempat di Sasana Budaya UM tersebut, dihadiri oleh Topan, pelawak seligus budayawan yang terkenal sebagai mantan partner almarhum Lesus. Sebagai pembicara dalam Talkshow tersebut, Topan menekankan pentingnya untuk menjaga dan melestarikan budaya yang sudah ada. Ia juga menuturkan, bahwa budaya itu seperti sebuah air dalam sebuah gelas, jika dimasuki budaya laen ia sebenarnya tidak tenggelam malah semakin timbul atau volumenya naik.

Senada dengan Topan, Vero menjelaskan bahwa banyak orang yang berpikir kebudayaan kita sudah tidak diminati lagi, tetapi faktanya malah sekarang banyak masyarakat yang haus akan budaya khas asli Indonesia. “Masyarakat sudah jenuh dengan berbagai budaya pop yang mencekoki rakyat ini,”  Ujar Bendahara acara tersebut.

Selain Talkshow budaya, rangkaian acara pendukung lainnya yakni karnaval budaya dari berbagai budaya daerah besar di Indonesia yang dilakukan saat car free day minggu (18/11) lalu. Rispo mengungkpakan, antusias masyarakat luar biasa pada kesempatan tersebut. “Pementasan tersebut seolah menjadi Oase akan kehausan sebuah pertunjukkan seni budaya warisan nenek moyang mereka.” Tutur Ketua panitia berambut kribo ini.

Serangkaian acara tersebut digelar sebagai acara tahunan dari mahasiswa Sastra UM. Sebagai acara penutup festival budaya tahun ini, akan digelar acara pementasan seni tari dan drama pada Malang Gemerlap Penuh Talenta (Magenta) tanggal 28 November mendatang pada tempat yang sama.

( Moh. Nadlir | 150 )
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

0 komentar:

Posting Komentar