Rabu, 07 November 2012

Kesenian Bantengan Anak


MALANGISME - Selain kesenian tarian Jaran Kepang dan tari Topeng, Malang juga masih memiliki kesenian lain yang tak kalah menariknya yakni kesenian Bantengan. Seni  Tradisional  Bantengan,  adalah  sebuah  seni pertunjukan  budaya  tradisi  yang menggabungkan  unsur  tari, olah kanuragan, musik, dan syair atau mantra yang kental dengan  nuansa  magis. 

Dan pada umumnya Bantengan dilakukan oleh orang dewasa. Namun di Desa Clumprit, Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang, Bantengan juga dilakukan oleh anak-anak.

Farel, Ragil dan Andre serta  beberapa orang temannya biasa bermain Bantengan ketika hari libur. Pagi dan sore adalah waktu yang sering mereka habiskan untuk bermain kesenian tersebut. Tapi jangan dibayangkan, cara memainkannya seperti orang dewasa. Karena sangat jauh dari kesan mistis atau kesurupan, justru malah kesan lucu yang Nampak kelihatan.

Peralatan yang digunakan-pun sederhana, yakni replika Kepala Banteng yang terbuat dari kayu berukuran kecil serta Tali Pecut atau yang lebih dikenal orang sebagai cambuk. Diiringi dengan musik yang biasa digunakan sebagai pengiring tari Bantengan sebenarnya dari sebuah Handpone China.

Mereka saling berbagi peran, satu orang sebagai pemain banteng, satu orang sebagai pengendali atau pawang, satu orang sebagai pelecut, dan lainnya sebagai pelengkap. Permainan dimulai, layaknya banteng sunguhan, mereka mengamuk dan menjadi-jadi. Mengaduh dan berpura-pura kesurupan layaknya pemain banteng sungguhan. serentak salah satu teman mereka bertindak sebagai pawang banteng gadungan dan mencoba menyembuhkan rekannya dengan mantra.

Canda tawa riang pun menghiasi wajah-wajah polos mereka ketika bermain. Lucu bercampur geli serta salut tentunya melihat pola tingkah laku mereka. Di tengah gempuran mainan modern seperti Playstasion, dan game online, ternyata tidak menyurutkan minat mereka untuk masih bermain bantengan.

( Moh. Nadlir | 150 )
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

1 komentar:

kambing mengatakan...

oh ternyata ada ya gan bantengan anak-anak, pasti lucu itu :)

Posting Komentar