Selasa, 06 November 2012

Gemar Film: Antara Budaya dan Hiburan


MALANGISME - Malang dikenal sebagai Bandungnya Jawa Timur. Ya, Kota Kembang tersebut terkenal akan berbagai film kreatif. Namun  kota Malang-pun tidak kalah akan hal tersebut.


Menonton film menjadi sebuah aktivitas (budaya) yang tidak boleh ditinggalkan, mulai dari anak-anak, remaja,dewasa,hingga orangtua banyak sekali yang senang dengan hiburan satu ini. Terkadang mereka rela untuk mengantri Film terbaru di bioskop-bioskop kesayangan. Hal tersebut menciptakan sebuah budaya positif sikap apresiatif terkadang karya-karya film anak Bangsa, tidak hanya untuk film manca saja.

Film merupakan salah satu hiburan yang menyajikan suguhan audio visual yang  menarik dan memanjakan mata,selain itu tema cerita juga sangat bervariasi contohnya saja film komedi, romantic, action, documenter, drama, animasi dan masih banyak lagi. 

Tadi malam saat sedang jalan-jalan dengan teman, penulis diajak untuk mengunjungi salah satu café yang ada di daerah Soekarno hatta Malang, yaitu café Paradiso. 

Setelah masuk kedalam saya disambut dengan big screen dan Film yang sedang berlangsung , tenyata ada sebuah acara pemutaran film yang diselenggarakan oleh komunitas pecinta sinematography kota Malang yaitu Kine Club dan Societo, yang bertemakan sumpah pemuda.  

Acara ini rutin dilaksanakan yaitu selama satu bulan sekali dan merupakan rangkaian acara meuju Malang Film Festival 2013 yang akan diadakan di Universitas Muhammadiyah Malang. Film yang diputar merupakan film pendek yang berdurasi 7- 25 menit. 

Ada tiga Film yang diputar pada saat acara berlangsung yaitu Potret, Orde, dan Marni. Film ini merupakan distribusi hasil karya komunitas pecinta film Yogyakata,Palu,dan Institut Kesenian Jakarta. Ini merupakan beberapa komunitas yang menjadi wadah untuk belajar, berkarya dan menyalurkan hobi bagi para pecinta sinematography. 

Banyak sekali karya-karya film yang mereka hasilkan dan kemudian diputar diberbagai tempat dengan cara mendistribusikan antar sesama komunitas. Ini merupakan kegiatan positif dan menyenangkan bagi saya saat berkunjung ke café tersebut, karena selain dapat bersantai menikmati makanan dan minuman serta disuguhi dengan sebuah acara pemutaran karya Film, saya juga mendapat pengalaman dan pengetahuan baru disana.

(Pretty Isyana Chandra Dewi)

  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

0 komentar:

Posting Komentar